Teori Dasar Game, Konsep Dasar Game dan Pemanfaatan Game Di Bidang-Bidang Terkait


Soal

  1. Memahami teori dan konsep dasar game
  2. Menjelaskan pemanfaatan game di bidang-bidang terkait


Jawaban


  1. Teori Dasar Game & Konsep Dasar Game


  • Pengertian Game Menurut Para Ahli
    • Menurut Nilwan (1996), game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami penggunaan animasi haruslah memahami pembuatan game atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan.
    • Menurut Nuemann dan Morgenstern (1944), game adalah permainan yang terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau berkelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan - peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.


  • Pengertian Game
    Game adalah sebuah permainan komputer interaktif yang di kendalikan oleh mikroprosesor. Komputer dapat menciptakan bahan-bahan maya untuk digunakan dalam sebuah permainan seperti kartu dan dadu.Sebuah permainan komputer atau video game menggunakan satu atau lebih alat input, biasanya sebuah tombol atau kombinasi dari joystick, sebuah keyboard dan  mouse dan  trackball atau  sebuah controller ataupun sebuah alat yang mempunyai sensor gerak.
    Sebuah video game adalah permainan yang biasanya melibatkan player berinteraksi dengan alat pengendali atau controller untuk menghasilkan umpan balik secara visual dalam sebuah layar video. Video game biasanya juga mempunyai sistem pemberian hadiah yang diberikan kepada pemain apabila menyelesaikan tugas-tugas tertentu yang berada didalam aturan atau rule set game tersebut. Tipe-tipe peralatan elektronik dimana video game dapat dimainkan disebut dengan platform dan contoh dari platform adalah PC (personal komputer) dan mesin video game (video game console). Video game juga hadir dalam semua tingkatan teknologi mulai dari komputer sampai dengan peralatan genggam seperti handphone dan PDA.
    Selain elemen dasar dari umpan balik berbasis video, video game juga menggunakan banyak system lain untuk menyediakan interaksi dan informasi kepada pemain. Contoh umumnya adalah penggunaan system audio (speaker) dan peralatan interaktif seperti umpan balik dengan getaran.
  • Jenis - Jenis Genre Game
    Video game secara umum dikategori-kategorikan kedalam genre. Karena kurangnya penyetujuan syarat atas genre atau kriteria untuk definisi sebuah genre, klasifikasi dari game menjadi tidak konsisten atau sistematis.
    Dibawah ini merupakan daftar genre-genre yang sering dimainkan orang. Banyak dari kategori game dibawah ini bertabrakan satu sama lainnya, contohnya pada game Legend of Zelda yang mempunyai elemen action, adventure, dan role-playing.

      • Action
        Game action mungkin adalah genre game yang paling basic, dan pastinya salah satu yang terbesar. Game action di karakteristik kan oleh gameplay nya yang fokus kepada aksi yang mengharuskan pemain melakukannya secara reflek, dalam realtime. Game fighting dan first person shooters termasuk dalam kategori ini.
      • Action-Adventure
        Game action-adventure fokus dalam penjelajahan, dan biasanya melibatkan pengumpulan benda, penyelesaian teka-teki yang sederhana, dan pertempuran. Game action-adventure yang pertama adalah game Atari 2600 yang berjudul adventure (1978).
      • First-Person Shooter
        Game first-person shooter, biasanya disebut dengan FPS, menggambarkan menembak dan bertempur dalam perspektif orang pertama dari karakter yang mereka kontrol. Perspektif ini berarti memberikan pemain perasaan “ada disana”, dan mengizinkan pemain fokus pada membidik. Kebanyakan FPS sangatlah cepat dan memerlukan reflek yang sangat cepat dalam tingkat kesulitan yang tinggi.
      • Fighting
        Game perkelahian adalah pertarungan satu lawan satu antara dua karakter yang salah satunya dikendalikan oleh komputer. Game ini biasanya fokus dalam bela diri dan bentuk lain dari pertempuran tangan kosong. Banyak dari gerakan yang dilakukan oleh petarungnya di dramatisir dan tidak mungkin secara fisik. Beberapa karakter yang bertarung juga menggunakan senjata seperti pedang dan atau serangan jarak jauh seperti serangan tenaga dalam.
        Game perkelahian terkenal antara lain adalah Mortal Kombat, Street Fighter, Super Smash Bros., King of Fighters, Soul Edge dan Soul Calibur, Tekken, Dead or Alive, dan Virtual Fighter
      • Beat em’ up
        Game ini adalah game dimana ada pertarungan jarak dekat satu lawan banyak, bertempur melawan sejumlah musuh yang dikontrol oleh komputer.
        Gaya bertarungnya biasanya lebih sederhana daripada game fighting satu lawan satu. Genre ini popular pada tahun 1987 dengan dikeluarkannya Double Dragon, diikuti sejumlah banyak game-game serupa. Gameplay dalam game ini melibatkan pemain bertarung melewati sebuah seri level yang semakin sulit. Kritik mengatakan bahwa game seperti ini terkesan terus diulang-ulang dan membosankan. Di waktu sekarang, genre ini sudah bergabung dengan genre action-adventure.
        Beberapa contoh game genre ini Final Fight, Double Dragon, Battle Toads, Streets of Rage, Golden Axe, dan yang modern Dynasty Warriors, Viewtiful Joe, The Warriors dan Samurai Warriors.
      • Role-Playing
        Role-Playing  Game  (RPG)  seringkali  memposisikan  pemain  dalam  sebuah fantasia atau science fiction dan membawa gameplaynya melalui suatu jalan cerita yang rumit. Kebanyakan dari game ini membuat pemain beracting menjadi tipe “petualang” spesifik yang mempunyai spesialisasi dalam sebuah kumpulan kemampuan-kemampuan (seperti pertarungan, mengeluarkan ilmu sihir). Tipe petualang yang bermacam-macam ini disebut “kelas-kelas” dan pemain biasanya mengendalikan satu atau lebih dari karakter-karakter ini.
      • Massively Multiplayer Online Games
        Massively Multiplayer Online Games merupakan sebuah dunia virtual dimana bisa terdapat ribuan pemain berinteraksi bersama melalui internet. Kebanyakan dari game ini berbasiskan pendaftaran, tetapi belakangan beberapa MMO mengizinkan pemain untuk membeli game nya sekali saja dan memainkannya secara online dengan gratis.
      • Platform Games
        Platform  game,  juga  biasa  disebut  platformer,  adalah  game  yang  dalam gameplay nya melibatkan perjalanan antar platform dengan cara meloncat (biasanya juga  berayun dan  memantul). Genre  ini  biasanya  dihubungkan dengan  tokoh-tokoh kartun seperti sonic the hedgehog, Mario, dan rayman, walaupun mungki mempunyai tema yang lainnya.
        Secara tradisional, game platform berbentuk 2D, menampilkan lingkungan permainan dalam 1 perspektif saja, biasanya dari samping. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan sprites, dan sangat mudah ditangani oleh komputer masa-masa awal. Komputer grafis 3D memungkinkan game jenis ini untuk bergerak ke segalah arah. Walaupun begitu, perspekti menyulitkan pemain untuk memperkirakan jarak, yang merupakan bagian penting bagi game platform.
        Elemen-elemen tradisional dari game ini termasuk berlari, lompat, dan memanjat tangga atau pijakan. Genre ini seringkali meminjam elemen dari genre lain seperti fighting atau perkelahian dan shooting atau tembak-menembak.
        Platform game yang cukup terkenal meliputi Castlevania, Super Mario Bros., Metroid, Sonic the Hedgehog, Mega Man, Donkey Kong, Contra, Lode Runner, Spyro the Dragon, Rayman dan Crash Bandicoot dan seri Prince of Persia.
      • Simulation Games
        Game simulasi bertujuan untuk men simulasikan pengalaman seperti terbang didalam pesawat, serealistis dan  sepraktis  mungkin, dan  juga  terdapat hokum  fisik seperti di dunia nyata. Beberapa game membutuhkan untuk banyak membaca sebelum game dimainkan, sementara game yang lain sudah termasuk petunjuk singkat.
        Game simulasi seringkali dikaitkan dengan simulator sungguhan, dan sebagian dari game tersebut memang berguna dalam pelatihan militer sungguhan atau untuk kepentingan umum.
      • Sports
        Game olahraga menampilkan permainan dari olahraga fisik tradisional seperti kriket, baseball, sepak bola, American football, tinju, golf, basket, skateboard, hoki es, tenis, bowling, rugby, dan lainnya. Beberapa fokus pada memainkan olahraganya dan beberapa  fokus  pada  strategi  dibalik  olahraga  tersebut  (seperti game  championship manager). Lainnya menggunakan olahraga untuk efek komik (seperti game Arch Rivals). Salah satu yang paling terkenal dari genre ini adalah Madden NFL. Genre ini ada pada masa awal sejarah video game (pong) dan masih popular sampai sekarang.
      • Racing
        Game  balapan  biasanya  memposisikan  pemain  di   kursi  pengemudi  dari kendaraan ber performa tinngi dan memerlukan pemain untuk berlomba melawan pengemudi lainnya ataupun melawan waktu. Genre ini merupakan genre yang selalu ada dalam permainan komputer dan banyak permainan yang diciptakan pada masa awal adalah bagian dari genre ini. Berawal dari tahun 1970, genre ini masih popular sampai sekarang dan terus mendorong perkembangan performa dan grafis. Ada dua sub genre dari genre ini yaitu simulasi dan arcade.
        Genre arcade biasanya bersifat fantasi, kerusakan kendaraan yang tidak realistis. Genre simulasi lebih fokus terhadap handling kendaraan  yang  realistis  dan  performa  yang  sama  dengan  mobil  sungguhan,  dan biasanya mengizinkan pemain untuk mengikuti perlombaan sungguhan seperti Indianapolis dan dakkar. Balapan simulasi memperbolehkan pemain untuk merubah performa  kendaraanya,  mulai  dari  saluran  pembuangan  mesin  sampai  rasio  gigi transmisi, tapi sekarang semua itu juga di aplikasikan pada game arcade seperti need for speed: underground.
        Sebuah sub genre yang popular dari genre ini adalah game balapan kart, yang menyederhanakan handling kendaraan dan memperkenalkan rintangan yang bermacam-macam.
        Game balapan arcade yang terkenal adalah Out Run dan seri Mario Kart.
      • Strategy
        Game strategi fokus pada perencanaan yang cermat dan manajemen sumber daya yang sangat baik dalam rangka mencapai kemenangan, dan selanjutnya game ini dikategorikan sebagai “permainan berpikir”. Game ini bisa berbasiskan giliran atau realtime, tapi kadang campuran keduanya seperti X-com. Genre ini mempunyai penggemar yang konsisten sejak pertengahan 1980an. Walaupun sebagian besar dari game strategi adalah game peperangan, banyak juga yang tidak fokus pada peperangan seperti simulasi dan manajemen transaksi ekonomi, membangun sesuatu, mengatur konflik skala besar, dan lain-lain.





  • Game Engine
    Game engine merupakan  sebuah  komponen  inti  software dari  sebuah  game ataupun  aplikasi  lain  yang  menggunakan  grafik  secara  real  time.  Game engine mempunyai development tools dengan tampilan visual dan langsung terintegrasi didalam IDE (Integrated Development Environment) sehingga tools – tools development tersebut dapat  digunakan  kembali  untuk  mengembangkan  game yang  lain.  Hal  ini  membuat  game engine sering  disebut  game middleware karena  game  engine mempercepat pengembangan  sebuah  game,  mengurangi  biaya  pemgembangan  game,  tingkat kompleksitas  dari  pengembangan  game, yang  merupakan  faktor  utama  untuk  bersaing di dalam industri game. Beberapa game engine hanya memberikan fitur untuk melakukan 3D rendering, dan tidak memberikan fitur – fitur yang dibutuhkan untuk membuat game secara  keseluruhan.  Game engine seperti  ini  disebut  sebagai  3D  engine,  dan  sangat bergantung pada pengembang game untuk menambahkan fitur – fitur yang tidak terdapat didalamnya  dengan  menggunakan  komponen  dari game engine yang  lain.  Contoh dari game engine tersebut  adalah  ;  Real Forge,  Ogre,  Jmonkey. Game engine yang memberikan  fitur  3D  engine dikembangkan  dengan  menggunakan  grafik  API 23 (Application  Programming  Interface) seperti  DirectX  dan  openGL,  yang  memberikan  akses ke GPU (Graphical Processing Unit) dari video card. Game engine secara lisensi terbagi  menjadi  dua  yaitu;  open  source  dan  komersial.  Salah  satu  contoh game engine open  source  yang  terkenal  adalah  Crystal  Space dan  Ogre, sedangkan  game engine komersial terkenal dan banyak digunakan saat ini adalah Torque game engine.  

2. Pemanfaatan Game Dalam Beberapa Bidang
  • Pendidikan Didalam bidang pendidikan game bisa sangat membantu, contohnya untuk anak-anak, seperti puzzle menentukan binatang apa saja yang hidup di darat, di air, atau pun di kedua alam tersebut.
  • Hiburan Sebagai media hiburan, seperti games online contohnya Call Of Duty : Mobile, Player Unknown Battlegrounds , Fornite, dll

Daftar Pustaka :
  • http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2007-3-00145-IF-Bab%202.pdf
  • https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/43095/MTQ4MzM4/Pembuatan-Game-Edukasi-Pemberantasan-Koruptor-berbasis-3D-menggunakan-Unity-3D-bab-2.pdf
Postingan ini di unggah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Game

Komentar

Postingan Populer