Teori Dasar Game, Konsep Dasar Game dan Pemanfaatan Game Di Bidang-Bidang Terkait
- Memahami teori dan konsep dasar game
- Menjelaskan pemanfaatan game di bidang-bidang terkait
Jawaban
- Teori Dasar Game & Konsep Dasar Game
- Pengertian Game Menurut Para Ahli
- Menurut Nilwan (1996), game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami penggunaan animasi haruslah memahami pembuatan game atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan.
- Menurut Nuemann dan Morgenstern (1944), game adalah permainan yang terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau berkelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan - peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.
- Pengertian Game
Game adalah sebuah permainan komputer interaktif yang di kendalikan oleh mikroprosesor. Komputer dapat menciptakan bahan-bahan maya untuk digunakan dalam sebuah permainan seperti kartu dan dadu.Sebuah permainan komputer atau video game menggunakan satu atau lebih alat input, biasanya sebuah tombol atau kombinasi dari joystick, sebuah keyboard dan mouse dan trackball atau sebuah controller ataupun sebuah alat yang mempunyai sensor gerak.
Sebuah video game adalah permainan yang biasanya melibatkan player berinteraksi dengan alat pengendali atau controller untuk menghasilkan umpan balik secara visual dalam sebuah layar video. Video game biasanya juga mempunyai sistem pemberian hadiah yang diberikan kepada pemain apabila menyelesaikan tugas-tugas tertentu yang berada didalam aturan atau rule set game tersebut. Tipe-tipe peralatan elektronik dimana video game dapat dimainkan disebut dengan platform dan contoh dari platform adalah PC (personal komputer) dan mesin video game (video game console). Video game juga hadir dalam semua tingkatan teknologi mulai dari komputer sampai dengan peralatan genggam seperti handphone dan PDA.
Selain elemen dasar dari umpan balik berbasis video, video game juga menggunakan banyak system lain untuk menyediakan interaksi dan informasi kepada pemain. Contoh umumnya adalah penggunaan system audio (speaker) dan peralatan interaktif seperti umpan balik dengan getaran. - Jenis - Jenis Genre Game
Video game secara umum dikategori-kategorikan kedalam genre. Karena kurangnya penyetujuan syarat atas genre atau kriteria untuk definisi sebuah genre, klasifikasi dari game menjadi tidak konsisten atau sistematis.
Dibawah ini merupakan daftar genre-genre yang sering dimainkan orang. Banyak dari kategori game dibawah ini bertabrakan satu sama lainnya, contohnya pada game Legend of Zelda yang mempunyai elemen action, adventure, dan role-playing.
- Action
Game action mungkin adalah genre game yang paling basic, dan pastinya salah satu yang terbesar. Game action di karakteristik kan oleh gameplay nya yang fokus kepada aksi yang mengharuskan pemain melakukannya secara reflek, dalam realtime. Game fighting dan first person shooters termasuk dalam kategori ini.
- Action-Adventure
Game action-adventure fokus dalam penjelajahan, dan biasanya melibatkan pengumpulan benda, penyelesaian teka-teki yang sederhana, dan pertempuran. Game action-adventure yang pertama adalah game Atari 2600 yang berjudul adventure (1978).
- First-Person Shooter
Game first-person shooter, biasanya disebut dengan FPS, menggambarkan menembak dan bertempur dalam perspektif orang pertama dari karakter yang mereka kontrol. Perspektif ini berarti memberikan pemain perasaan “ada disana”, dan mengizinkan pemain fokus pada membidik. Kebanyakan FPS sangatlah cepat dan memerlukan reflek yang sangat cepat dalam tingkat kesulitan yang tinggi.
- Fighting
Game perkelahian adalah pertarungan satu lawan satu antara dua karakter yang salah satunya dikendalikan oleh komputer. Game ini biasanya fokus dalam bela diri dan bentuk lain dari pertempuran tangan kosong. Banyak dari gerakan yang dilakukan oleh petarungnya di dramatisir dan tidak mungkin secara fisik. Beberapa karakter yang bertarung juga menggunakan senjata seperti pedang dan atau serangan jarak jauh seperti serangan tenaga dalam.
Game perkelahian terkenal antara lain adalah Mortal Kombat, Street Fighter, Super Smash Bros., King of Fighters, Soul Edge dan Soul Calibur, Tekken, Dead or Alive, dan Virtual Fighter
- Beat em’ up
Game ini adalah game dimana ada pertarungan jarak dekat satu lawan banyak, bertempur melawan sejumlah musuh yang dikontrol oleh komputer.
Gaya bertarungnya biasanya lebih sederhana daripada game fighting satu lawan satu. Genre ini popular pada tahun 1987 dengan dikeluarkannya Double Dragon, diikuti sejumlah banyak game-game serupa. Gameplay dalam game ini melibatkan pemain bertarung melewati sebuah seri level yang semakin sulit. Kritik mengatakan bahwa game seperti ini terkesan terus diulang-ulang dan membosankan. Di waktu sekarang, genre ini sudah bergabung dengan genre action-adventure.
Beberapa contoh game genre ini Final Fight, Double Dragon, Battle Toads, Streets of Rage, Golden Axe, dan yang modern Dynasty Warriors, Viewtiful Joe, The Warriors dan Samurai Warriors.
- Role-Playing
Role-Playing Game (RPG) seringkali memposisikan pemain dalam sebuah fantasia atau science fiction dan membawa gameplaynya melalui suatu jalan cerita yang rumit. Kebanyakan dari game ini membuat pemain beracting menjadi tipe “petualang” spesifik yang mempunyai spesialisasi dalam sebuah kumpulan kemampuan-kemampuan (seperti pertarungan, mengeluarkan ilmu sihir). Tipe petualang yang bermacam-macam ini disebut “kelas-kelas” dan pemain biasanya mengendalikan satu atau lebih dari karakter-karakter ini.
- Massively Multiplayer Online Games
Massively Multiplayer Online Games merupakan sebuah dunia virtual dimana bisa terdapat ribuan pemain berinteraksi bersama melalui internet. Kebanyakan dari game ini berbasiskan pendaftaran, tetapi belakangan beberapa MMO mengizinkan pemain untuk membeli game nya sekali saja dan memainkannya secara online dengan gratis.
- Platform Games
Platform game, juga biasa disebut platformer, adalah game yang dalam gameplay nya melibatkan perjalanan antar platform dengan cara meloncat (biasanya juga berayun dan memantul). Genre ini biasanya dihubungkan dengan tokoh-tokoh kartun seperti sonic the hedgehog, Mario, dan rayman, walaupun mungki mempunyai tema yang lainnya.
Secara tradisional, game platform berbentuk 2D, menampilkan lingkungan permainan dalam 1 perspektif saja, biasanya dari samping. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan sprites, dan sangat mudah ditangani oleh komputer masa-masa awal. Komputer grafis 3D memungkinkan game jenis ini untuk bergerak ke segalah arah. Walaupun begitu, perspekti menyulitkan pemain untuk memperkirakan jarak, yang merupakan bagian penting bagi game platform.
Elemen-elemen tradisional dari game ini termasuk berlari, lompat, dan memanjat tangga atau pijakan. Genre ini seringkali meminjam elemen dari genre lain seperti fighting atau perkelahian dan shooting atau tembak-menembak.
Platform game yang cukup terkenal meliputi Castlevania, Super Mario Bros., Metroid, Sonic the Hedgehog, Mega Man, Donkey Kong, Contra, Lode Runner, Spyro the Dragon, Rayman dan Crash Bandicoot dan seri Prince of Persia.
- Simulation Games
Game simulasi bertujuan untuk men simulasikan pengalaman seperti terbang didalam pesawat, serealistis dan sepraktis mungkin, dan juga terdapat hokum fisik seperti di dunia nyata. Beberapa game membutuhkan untuk banyak membaca sebelum game dimainkan, sementara game yang lain sudah termasuk petunjuk singkat.
Game simulasi seringkali dikaitkan dengan simulator sungguhan, dan sebagian dari game tersebut memang berguna dalam pelatihan militer sungguhan atau untuk kepentingan umum.
- Sports
Game olahraga menampilkan permainan dari olahraga fisik tradisional seperti kriket, baseball, sepak bola, American football, tinju, golf, basket, skateboard, hoki es, tenis, bowling, rugby, dan lainnya. Beberapa fokus pada memainkan olahraganya dan beberapa fokus pada strategi dibalik olahraga tersebut (seperti game championship manager). Lainnya menggunakan olahraga untuk efek komik (seperti game Arch Rivals). Salah satu yang paling terkenal dari genre ini adalah Madden NFL. Genre ini ada pada masa awal sejarah video game (pong) dan masih popular sampai sekarang.
- Racing
Game balapan biasanya memposisikan pemain di kursi pengemudi dari kendaraan ber performa tinngi dan memerlukan pemain untuk berlomba melawan pengemudi lainnya ataupun melawan waktu. Genre ini merupakan genre yang selalu ada dalam permainan komputer dan banyak permainan yang diciptakan pada masa awal adalah bagian dari genre ini. Berawal dari tahun 1970, genre ini masih popular sampai sekarang dan terus mendorong perkembangan performa dan grafis. Ada dua sub genre dari genre ini yaitu simulasi dan arcade.
Genre arcade biasanya bersifat fantasi, kerusakan kendaraan yang tidak realistis. Genre simulasi lebih fokus terhadap handling kendaraan yang realistis dan performa yang sama dengan mobil sungguhan, dan biasanya mengizinkan pemain untuk mengikuti perlombaan sungguhan seperti Indianapolis dan dakkar. Balapan simulasi memperbolehkan pemain untuk merubah performa kendaraanya, mulai dari saluran pembuangan mesin sampai rasio gigi transmisi, tapi sekarang semua itu juga di aplikasikan pada game arcade seperti need for speed: underground.
Sebuah sub genre yang popular dari genre ini adalah game balapan kart, yang menyederhanakan handling kendaraan dan memperkenalkan rintangan yang bermacam-macam.
Game balapan arcade yang terkenal adalah Out Run dan seri Mario Kart.
- Strategy
Game strategi fokus pada perencanaan yang cermat dan manajemen sumber daya yang sangat baik dalam rangka mencapai kemenangan, dan selanjutnya game ini dikategorikan sebagai “permainan berpikir”. Game ini bisa berbasiskan giliran atau realtime, tapi kadang campuran keduanya seperti X-com. Genre ini mempunyai penggemar yang konsisten sejak pertengahan 1980an. Walaupun sebagian besar dari game strategi adalah game peperangan, banyak juga yang tidak fokus pada peperangan seperti simulasi dan manajemen transaksi ekonomi, membangun sesuatu, mengatur konflik skala besar, dan lain-lain.
- Game Engine
Game engine merupakan sebuah komponen inti software dari sebuah game ataupun aplikasi lain yang menggunakan grafik secara real time. Game engine mempunyai development tools dengan tampilan visual dan langsung terintegrasi didalam IDE (Integrated Development Environment) sehingga tools – tools development tersebut dapat digunakan kembali untuk mengembangkan game yang lain. Hal ini membuat game engine sering disebut game middleware karena game engine mempercepat pengembangan sebuah game, mengurangi biaya pemgembangan game, tingkat kompleksitas dari pengembangan game, yang merupakan faktor utama untuk bersaing di dalam industri game. Beberapa game engine hanya memberikan fitur untuk melakukan 3D rendering, dan tidak memberikan fitur – fitur yang dibutuhkan untuk membuat game secara keseluruhan. Game engine seperti ini disebut sebagai 3D engine, dan sangat bergantung pada pengembang game untuk menambahkan fitur – fitur yang tidak terdapat didalamnya dengan menggunakan komponen dari game engine yang lain. Contoh dari game engine tersebut adalah ; Real Forge, Ogre, Jmonkey. Game engine yang memberikan fitur 3D engine dikembangkan dengan menggunakan grafik API 23 (Application Programming Interface) seperti DirectX dan openGL, yang memberikan akses ke GPU (Graphical Processing Unit) dari video card. Game engine secara lisensi terbagi menjadi dua yaitu; open source dan komersial. Salah satu contoh game engine open source yang terkenal adalah Crystal Space dan Ogre, sedangkan game engine komersial terkenal dan banyak digunakan saat ini adalah Torque game engine.
2. Pemanfaatan Game Dalam Beberapa Bidang
- Pendidikan Didalam bidang pendidikan game bisa sangat membantu, contohnya untuk anak-anak, seperti puzzle menentukan binatang apa saja yang hidup di darat, di air, atau pun di kedua alam tersebut.
- Hiburan Sebagai media hiburan, seperti games online contohnya Call Of Duty : Mobile, Player Unknown Battlegrounds , Fornite, dll
Daftar Pustaka :
- http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2007-3-00145-IF-Bab%202.pdf
- https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/43095/MTQ4MzM4/Pembuatan-Game-Edukasi-Pemberantasan-Koruptor-berbasis-3D-menggunakan-Unity-3D-bab-2.pdf
Postingan ini di unggah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Game
Komentar
Posting Komentar